Resume Exploratory Research: Qualitative Research - Penelitian Exploratory dibagi dua bentuk, yaitu Qualitative Research dan Quantitative Research.
Exploratory Research: Qualitative Research
Penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang lebih difokuskan pada pemahaman fenomena-fenomena sosial dari perspektif partisipan dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap dan merinci menjadi variabel yang saling terkait.
Qualitative research: its nature and approaches
Tidak terstruktur, terutama desain eksplorasi berdasarkan sampel kecil, dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pengertian
Teknik penelitian yang digunakan untuk mengukur data dan biasanya diterapkan beberapa bentuk dari analisis statistik.
Penelitian kualitatif membentuk peran utama dalam mendukung pengambilan keputusan pemasaran, tidak hanya sebagai desain eksplorasi tetapi juga sebagai desain deskriptif. Peneliti dapat melakukan penelitian kualitatif untuk membantu mendefinisikan masalah penelitian, untuk mendukung data kuantitatif.
Dasar pemikiran untuk menggunakan penelitian kualitatif
- Preferensi dan / atau pengalaman peneliti
- Preferensi dan / atau pengalaman pengguna penelitian
- Informasi yang sensitif
- Perasaan bawah sadar
- Fenomena kompleks
- Dimensi holistic
- Mengembangkan teori baru
- interpretasi
Ethnographic Research
Etnografi sebagai istilah umum meliputi observasi dan wawancara, kadang-kadang disebut sebagai observasi partisipan. Namun, penelitian ini digunakan dalam kasus yang lebih spesifik dari suatu metode yang mengharuskan seorang peneliti untuk menghabiskan waktu dalam jumlah besar untuk mengamati sekelompok orang tertentu, dengan berbagai cara hidup mereka. Etnografi adalah seni dan sains menggambarkan suatu kelompok atau budaya. Tugasnya sangat mirip dengan yang diambil oleh reporter investigasi, yang mewawancarai orang-orang yang relevan, mengulas catatan, dan beratnya.
Tujuan Penelitian Etnografi
- Dapat melihat melalui mata orang lain.
- Deskripsi
- Kontekstualisme
- Proses
- Menghindari penggunaan teori dan konsep awal
- Desain penelitian yang fleksibel
Pendekatan Etnografis berguna ketika kasus penelitian pemasaran seperti:
- Situasi dengan intensitas tinggi
- Proses perilaku
- Memori tidak memadai
- Rasa malu atau keengganan
Action Research
Proses penelitian tim, difasilitasi oleh seorang professional peneliti yang menghubungkan antara pembuat keputusan dan pemangku kepentingan lainnya yang bersama-sama ingin meningkatkan situasi tertentu. Action research terdiri dari keseimbangan tiga elemen. Jika salah satu dari ketiganya absen, maka prosesnya bukan termasuk Action Research.
Contoh dari tim Action Research dan tahapan yang dikerjakan dalam istilah pemasaran
- Marketing researchers
- Strategic marketing managers
- Operational marketing managers
- Advertising agency representatives
- Customers
- Target customers
Tahapan yang dikerjakan dari tim Action Research dalam pemasaran:
- Diagnosa. Keadaan saat ini akan ditetapkan
- Analisis. Suatu interpretasi awal dari data yang dikumpulkan akan dibuat
- Analisis data akan dijadikan Feedbacck untuk pemeriksaan dan diskusi dalam tim.
- feedback, Aksi tindakan individu dan pengembangan strategi yang lebih luas akan dirumuskan.
- Evaluasi. Akan ada tinjauan metode dan hasil yang berkelanjutan.
Teknik Qualitative research
Teknik-teknik penelitian kualitatif diklasifikasikan sebagai pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung, berdasarkan apakah benar tujuan dari proyek ini diketahui oleh para peserta.
Pendekatan langsung: Suatu jenis penelitian kualitatif di mana tujuan dari proyek diungkapkan kepada peserta atau mengingat jelas sifat dari wawancara.
Pendekatan tidak langsung: Suatu jenis penelitian kualitatif di mana tujuan dari proyek disamarkan dari para peserta.
Referensi:
Komentar
Posting Komentar