Strategi Persaingan ERHA - Sistem Manajemen Informasi Pemasaran
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Strategi Persaingan ERHA - Sistem Manajemen Infromasi Pemasaran - Pada artikel kali ini saya akan menjabarkan penerapan strategi persaingan pada klinik Erha.
STRATEGI PERSAINGAN
E R HA – your personal dermatologist
Dengan adanya era globalisasi
saat ini, maka persaingan dalam dunia bisnis benar-benar perlu untuk
diperhatikan. Sebab hanya perusahaan-perusaahaan yang mampu bersainglah yang
akan tetap bertahan. Subhash (2007) menyebutkan “In
free market economy, each company tries
to out perform its
competitors. A competitor is rival”.
Sebagai salah perusahaan yang
bergerak dibidang jasa, maka ERHA Clinic dituntut untuk mampu terus-menerus mengupayakan
agar produk jasanya dapat diterima oleh masyarakatdan sesuai dengan kebutuhan
masyarakat. Subash (2007)
menyebutkan kemampuan ini sebagai ”Ability to
respond to customer needs and cover customer groups differ from its own”.
Selain itu kebutuhan konsumen sendiri akan memunculkan peluang yang
ujungnya menumbuhkan pasar. Subhash (2007)
menyebutkan bahwa ”Customer need gives to a market opportunity and a
market emerges”. Hal ini terjadi pula dalam bisnis klinik kecantikan kulit.
Semakin majunya teknologi informasi dan taraf hidup
masyarakat mengakibatkan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap
kualitas pelayanan dan produk yang digunakan.
Untuk kepuasan pelanggan terhadap layanan, ada dua hal pokok yang
saling berkaitan erat yaitu harapan
pelanggan terhadap kualitas layanan (expected
quality) dan presepsi konsumen terhadap kualitas layanan
(perceived quality). Kepuasan pelanggan harus
disertai dengan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan menyangkut apa yang
diungkapkan oleh pelanggan tentang presepsi dan harapannya kepada layanan
klinik kecantikan yang diperoleh, sedangkan loyalitas berkaitan dengan apa yang
dilakukan pelanggan setelah berinteraksi dalam suatu proses layanan dari
perusahaan tersebut. Konsep ini menyiratkan bahwa kepuasan pelanggan saja
tidaklah cukup, karena puas atau tidak puas hanyalah salah satu bentuk emosi.
Disamping itu loyalitas pelanggan
tidak kalah relevannya untuk dianalisis karena sikap loyalitas dari pelanggan akanimbul
setelah pelanggan merasakan puas atau tidak puas terhadap layanan dari klinik
kecantikan yang diterimanya (Tjiptono, 2005).
Erha Clinic merupakan klinik
kesehatan dan kecantikan yang melihat adanya peluang bisnis
untuk melayani para wanita yang sangat
memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya
wanita yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya yang semakin meningkat
pula. Tentunya wanita bekerja juga dituntut untuk dapat menjaga penampilannya
terutama dari segi kebersihan wajah. Dari hasil penemuan yang
didapat dapat dilihat bahwa jumlah wanita yang bekerja dari tahun ke tahun
semakin meningkat sehingga kebutuhan para wanita bekerja untuk menjaga kesehatan kulit
juga semakin tinggi.
Dengan semakin adanya perkembangan didunia pekerja maka
sudah dapat kita lihat bahwa banyak kaum pria juga tidak kalah dengan wanita
dalam menjaga kesehatan kulit wajahnya, oleh sebab itu Erha Clinic mulai
melayani sektor ini dengan memberikan kualitas pelayanan dan kualitas produk
yang baik yang dapat
menjawab kebutuhan wanita dan pria pekerja dalam hal
kesehatan dan kecantikan kulit.
Erha Clinic Group adalah jaringan spesialis kulit yang selalu
mengedepankan standard perawatan dermatologyterbaik yang
ditunjang dengan perangkat medis teknologi terkini, tim dokter
spesialis kulit yang berpengalaman serta produk obat yang aman dan berkualitas.
Erha Clinic mencoba melayani kebutuhan masyarakat di bidang
dermatology secara profesional serta didukung produk –produk berupa cream wajah
yang diformulasikan secara khusus oleh tim dermatologist.
Tahapan strategy development process |
|
a. Analisis industri: kekuatan pemasok
yang lemah terhadap Erha Clinic, kekuatan pelanggan yang kuat
dengan banyaknya pilihan produk akan kecantikan dan kesehatan
kulit, banyaknya pesaing yang bergerak di bidang yang
sama dengan Erha Clinic, ancaman pendatang baru yang tinggi dengan
banyaknya dokter yang membuka cabang kesehatan kulit
dan faktor lingkungan yang mendukung, Erha Clinic belum memiliki
kerja sama dengan partner bisnis, keadaan iklim dan
keadaan ekonomi masyarakat Indonesia mendukung kegiatan bisnis dan strategi
Erha Clinic, perkembangan teknologi yang menyebabkan Erha Clinic
harus menyesuaikan agar dapat bersaing dengan
pesaingnya, dan banyaknya pilihan
akan produk pengganti dengan bahan baku
alami dan tanpa konsultasi dokter dapat membuat pelanggan beralih
dari produk Erha Clinic. |
|
b. Strategi umum dan strategi pasar: Erha
Clinic menerapkan strategi differentation karena pelayanan
yang diberikan Erha Clinic berbeda dengan pesaingnya dengan tenaga ahli yang memiliki
sertifikasi SPKK dan pelayanan secara personalized. Untuk strategi pasar,
Erha Clinic menerapkan customer intimacy
karena bagi Erha Clinic kesehatan dan kepuasan akan pelanggan merupakan
filosofi dari Erha Clinic. |
|
c. Pelanggan dan segmentasi pasar:
pelanggan Erha Clinic merupakan pelanggan akhir dimana Erha
Clinic langsung menjual produknya ke setiap
individu
dari pelanggannya. Segmentasi pelanggan
yang didapatkan bahwa sebagian besar pelanggan Erha
Clinic terdiri dari kaum wanita dan laki-laki dengan kelas sosial
B hingga A+ dengan rentang usia anak-anak, remaja, hingga dewasa. |
|
Tahapan Value Creation Process |
|
a. Karakterisitik produk dan tindakan: produk
dari Erha Clinic tersedia dengan berbagai jenis pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan dan Erha Clinic menyediakan produk untuk
berbagai kalangan usia dengan pengawasan dari Erha
Laboratoy untuk menjaga standar dari
kualitas produk tersebut. Sedangkan tindakan dilakukan secara
personalized dengan tenaga ahli yang bergelar SPKK
sehingga hasil pemeriksaan sesuai dengan apa yang diderita pelanggan. |
|
b. Service value dan value proportition: Erha
Clinic telah memaksimalkan pelayanan tambahan bagi pelanggan
dengan tersedianya brosur dan layanan telefon sebagai pusat informasi dan
media untuk
pemesanan produk atau konsultasi, setiap tenaga kerja yang terdidik dengan baik sehingga dapat
bekerja secara profesional, Erha Clinic terbuka akan keluhan dari pelanggan
dan akan memberikan
solusi yang memuaskan, fasilitas di setiap klinik yang mengutamakan kepuasan
pelanggan, dan keamanan akan
data kesehatan pelanggan. Dari hal tersebut dapat dirumuskan
value proportition sebagai berikut |
|
Tahapan Multi Channel Integration Process |
Multi-channel
integration merupakan channel yang dimiliki oleh
Erha Clinic dalam berhubungan dengan pelanggannya dan
berikut adalah channel dari Erha Clinic
a. Outlet yang tersebar di mall-mall besar di
Indonesia dengan menjual produk Erha Apothecary dan 49 klinik yang tersebar
di wilayah Indonesia yang dilengkapi dengan bagian keamanan dan bagian registrasi untuk memberikan informasi mengenai Erha Clinic, tenaga kesehatan yang siap
membantu pelanggan, dan branch customer manager untuk menanggapi keluhan
pelanggan. |
b. Erha Clinic memiliki layanan hotline
telefon yang dapat membantu pelanggan Erha Clinic untuk
mendapatkan informasi mengenai proses yang akan dilakukan atau produk,
booking konsultasi, dan memesan obat atau produk tanpa harus
datang ke klinik. |
c. Erha Clinic menerapkan pemasaran secara
direct marketing dengan memasang
billboard pada
jalan-jalan protokol di daerah Jakarta, brosur akan
produk Erha Clinic yang dapat diperoleh di
outlet atau klinik, dan
iklan pada tabloid atau majalah wanita untuk mendorong kaum wanita
dalam mempertahankan kesehatan kulitnya di Erha Clinic. |
Tahapan Information Management Process |
Erha Clinic saat ini memiliki aplikasi untuk
front-office yaitu QPro untuk melakukan pencatatan
registrasi, transaksi pembelian obat maupun pemesanan
layanan, pembuatan jadwal untuk konsultasi
atau tindakan, pencatatan inventaris, sedangkan untuk
back-office, aplikasi yang digunakan adalah
a. Microsoft Word yang digunakan
untuk membuat surat kontrak, |
b. Microsoft Excel yang digunakan
oleh bagian pemasaran untuk membaca analisis penjualan, |
c. Axapta digunakan oleh head office pada bagian
keuangan untuk membuat ringkasan keuangan, dan |
d. Aplikasi Qpro memiliki
beberapa kegunaan
pada proses di Erha Clinic yaitu pada
head office bagian keuangan digunakan untuk mengexport
laporan keuangan dan
inventory, sebagai pengendali jika terdapat masalah pada cabang Erha Clinic,
dan untuk distribusi gudang. Erha Clinic belum memiliki
analysis tool untuk membantu dalam
menganalisis bisnis, peluang, ancaman, dan pelanggannya. |
e. Untuk penyimpanan data, Erha Clinic
menggunakan Microsoft SQL Server 2000 sebagai
database dalam menyimpan data mengenai
penjualan, pelanggan, dan distribusi barang. |
ANALISIS SWOT ERHA CLINIC
Strength |
Weakness |
|
IFAS EFAS |
1. Erha
Clinic Memiliki 54 cabang yang tersebar di Indonesia 2. Erha meraih penghargaan Top
Brand 2011 3. Memiliki Erha Institute
sebagai pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) 4. Memiliki Erha
laboratory sebagai riset dan pengembangan di bidang dermatologis 5. Erhalogy menjual produk
perawatan bebas yang diformulasikan oleh ahli dermatologis 6. Sistem pasokan produk yang
selalu tersedia 7. Melingkupi kesehatan kulit
secara keseluruhan 8. Standar yang sama pada
setiap klinik di Indonesia |
1. Erha
Apothecary tidak mempunyai website 2. Antrian
pada klinik yang panjang dan memakan waktu yang lama 3. Biaya pemasaran melalui
billboard memakan biaya yang 4. Layanan telefon Erha Clinic
sulit dihubungi 5. Belum adanya penginte
grasian data antar cabang |
Opportunity (O) |
Strategy
SO |
Strategi
WO |
1. Populasi Indonesia yang besar 2. Kekuatan
negosiasi Erha Clinic terhadap supplier tinggi 3. Permintaan
pelanggan akan adanya website Erha Clinic sebesar 22% 4. Tingkat
polusi yang tinggi di kota-kota besar Indonesia 5. Internet
dapat menjadi alat marketing yang kuat 6. Adanya
perubahan gaya hidup masyarakat sehu bungan dengan tumbuh nya tingkat
perekonomian Indonesia sebesar 6.3% 7. Memiliki
citra perusa haan yang kuat 8. Jumlah
pelanggan loyal Erha Clinic sebanyak 45% dari
1.500.000 pelanggan aktif |
1. Memanfaatkan
internet untuk mengembangkan website sebagai media pemasaran dan media
informasi 2. Menjadi produk dermatologis
paling terpercaya di Indonesia 3. Memperluas media layanan
informasi, komunikasi, dan penjualan 4. Meningkatkan pelayanan
kepada pelanggan |
1. Memanfaatkan
internet untuk mengembangkan website sebagai media pemasaran dan
pelayanan 2. Pemanfaatan
media sosial dalam aktifitas promosi 3. Mengintegrasikan
data antar cabang sehingga data pelanggan akan terproses dengan baik |
Threath |
Strategy
ST |
Strategi
SW |
1. Lulusan SPKK yang kurang mencukupi 2. Banyak
pesaing dalam bidang dermatologi dengan harga kompetitif 3. Beragam
produk substitusi, seperti produk tradisonal, Ponds, The Body
Shop 4. Banyak pesaing
yang menyediakan website sebagai media informasi perusahaan. Tersebarnya
informasi buruk mengenai Erha Clinic di media internet 5. Belum ada
media infor masi selain datang ke klinik dan layanan telefon 6. Pelanggan pada kategori aktif dapat berpindah ke pesaing |
1. Memanfaatkan internet untuk memberikan lokasi Erha Clinic dan
produknya 2. Menciptakan
produk dan prgoram perawatan terbaru yang inovatif 3. Meningkatkan
kualifikasi pada SDM Erha Clinic |
1. Mengembangkan
website untuk mengurangi biaya pemasaran yang tinggi dan memudahkan pelanggan
untuk mendapatkan informasi 2. Memanfaatkan knowledge dari
pelanggan untuk memaksimalkan proses pelayanan |
STRATEGI PERSAINGAN ERHA DIBANDINGKAN DENGAN KLINIK KECANTIKAN LAIN
Dalam hal ini kita akan menyajikan perbedaan dari 2
klinik kecantikan yang sering dibanding-bandingkan oleh customer, yaitu ERHA
dan NATASHA yang akan dilampirkan dalam tabel berikut:
ERHA CLINIC |
NATASHA |
1. Tagline: your personal dermatologist 2. Visi: Menjadi leader di bidang dermatologi klinis global dalam 4 dimensi market
leadership, brand leadership, standard service leadership, people quality
leadership. 3. Memberikan solusi bagi pasien Erha Clinic Network dalam 3
bentuk:
a. Extra Sembuh
b. Extra
Mudah Cepat Ramah
c. Extra
Bangga 4. Erha Clinic Group adalah jaringan klinik spesialis kulit yang selalu
mengedepankan standar perawatan dermatologi terbaik yang ditunjang
dengan perangkat medis teknologi terkini, team dokter spesialis kulit
yang berpengalaman, produk obat yang aman dan berkualitas serta
fasilitas klinik yang nyaman. 5. Terapi yang diberikan terbukti aman karena Erha Clinic
menggunakan produk dermatologi dengan formulasi terbaik yang
dikembangkan oleh pusat riset dan pengembangan produk Erha Labs.
Terapi tersebut didukung oleh tim dokter spesialis kulit yang tergabung
dalam Erha Institute, yang merupakan pusat pelatihan dan pengembangan
lanjutan keilmuan medis dermatologi. 6. Terapi-terapi yang disediakan oleh Erha Clinic adalah rangkaian
proses terpadu dengan konsep Personalized Therapy, yaitu pendekatan dan
pendampingan dari dokter spesialis kulit secara
personalized kepada pasien dengan keunikan dan kebutuhan kulit
masing-masing yang terdiri
dari produk dan service serta ditunjang oleh penggunaan alat medis
modern (advance medical equip-ment) dengan kelas
medical grade
sehingga akan memberikan hasil yang optimal. 7. Terapi yang ditawarkan oleh erha clinic
diantaranya: a. Personal Dermatologist, setiap dermato
logist akan mendesain personlized therapy
yang terpadu bagi setiap individu sesuai masalah dan
kebutuhan kulit pelanggannya. b. Intergrated Therapy, Rejuvenation therapy, terdiri dari produk yang inovatif, aman dan
efektif serta didukung oleh alat medis yang modern (advance
medical equipment). c. Rejuvenation Therapy Products
Merupakan produk yang aman, efektif dan inovatif, yang
diformu lasikan oleh para dermato logist,
sesuai dengan jenis dan kondisi kulit
pasien. d. Rejuvenation Therapy Treatments, Erha clinic mengkategorikan jasa
medisnya berdasarkan indikasi dari
masing-masing terapi untuk mengatasi tanda-tanda penuaan kulit
pada wajah, yaitu: kusam, kasar, kering, kerut, flek dan kelainan
vaskular pada wajah 8. Sarana komunikasi
visual outdoor yang digunakan oleh Erha Clinic
antara lain sign age,
brosur, flyer, billboard, standing banner. Sarana
komunikasi internal member card, poster, x-banner, tas produk dan lain- |
1. Tagline: Your skin care 2. Visi:
Menjadi perusahaan yang terdepan di Indonesia di bidang
perawatan kecantikan wajah 3. Misi: Menyelenggarakan kegiatan layanan perawatan kecantikan
wajah secara professional dengan memperhatikan
prinsip-prinsip kese hatan masyarakat dan kelestarian lingkungan. 4. Jasa yg ditawaekan a. Skin Facial Perawatan wajah dengan cara pengangkatan sel kulit mati dan
komedo/jerawat yang menyumbat pori-pori dengan peralatan yang modern. b. Chemical Peeling Perawatan ini merupakan tehnik peremajaan kulit dengan menggunakan zat-zat khusus untuk meningkatkan dan
memperhalus tekstur kulit c. Jeet Peel Menggunakan tekanan air dengan kecepatan tinggi, perawatan ini
menggunakan oksigen murni untuk masuk ke dalam sel kulit. d. Microdermabrasi Perawatan ini merupakan salah satu
perawatan kulit paling efektif
peremajaan kulit dengan cara yang aman. Menggunakan sirkulasi
micro cristal yang masuk ke dalam kulit, mengikis lembut lapisan
dalam dan mengangkat lapisan terluar kulit yang
telah dipenuhi sel kulit mati. e. Mesotherapy Perawatan dengan menggunakan obat-obatan tertentu serta vitamin
langsung ke mesoderm, lapisan tissuex di bawah permukaan kulit,
dengan menggunakan mesogun |
KEBERHASILAN ERHA CLINIC
Memiliki tinggi badan hampir 170 centimeter dan
hidung mancung tak membuat Risya puas. Ia merasa dirinya belum cantik. “Kulit
saya kurang mulus dan tidak bersinar,” ujarnya singkat.
Karenanya, untuk mewujudkan ‘kecantikan sempurna’ gadis yang bekerja di
perusahaan tambang minyak nasional ini memiliki jadwal khusus mengunjungi
klinik kecantikan untuk merawat kulitnya. Sedikitnya dua kali dalam sebulan
Risya melakukan perawatan.
Setiap perempuan mendambakan kecantikan. Karena itu pula klink
kecantikan kulit tumbuh bak jamur di musim hujan. Namun sayangnya, tak banyak
klinik memberikan jaminan pelayanan.
Seperti diberitakan di media massa, seringkali perempuan mengalami
kegagalan perawatan kulit meski dilakukan di klinik kecantikan. Padahal mereka
mengeluarkan uang dalam jumlah besar.
Untuk menjamin keberhasilan perawatan kulit Erha Clinic menjadi pilihan
utama. Klinik ini hadir di berbagai kota-kota besar di Indonesia.
Klinik yang berlokasi di Jalan Raya Harapan Indah Ruko Sentra Niaga 2
No. 1A-1B ini memberikan pelayanan dermatologi atau perawatan kesehatan kulit.
Agus Sugiarto, Supervisor Erha clinic Harapan Indah mengatakan klinik
tersebut merupakan cabang pendukung. Meski demikian pelayanannya terbilang
lengkap. Mulai dari konsultasi dermatologist dan hair therapy, deep pore cleansing
treatment (facial), acne peeling, chemical peeling, crystal peeling
(mikrodermabrasi), laser CO2, hair analysis dan hair growth laser.
“Apabila diperlukan tindakan medis lebih lanjut akan kami rujuk ke Erha
Clinic Pusat atau Erha Clinic cabang utama terdekat,” jelas Agus, Senin
(25/5/2015). Seluruh pelayanan Erhaclinic Harapan Indah ditangani dokter
spesialis kulit dan kelamin.
“Erha Clinic mengedepankan standar perawatan dermatologi terbaik melalui
tim spesialis kulit yang berpengalaman,” tambahnya.
Erha Clinic Harapan Indah memiliki tiga orang dermatologist dan dibantu
satu orang practitioner.
Erha Clinic mengusung konsep personalized therapy. Artinya, tim dokter
melakukan pendekatan dan pendampingan kepada pasien sesuai kebutuhan kulitnya.
Selain itu, Erha Clinic memberikan suasana nyaman yang dilengkapi
perangkat medis dengan teknologi dengan sertifikasi medical grade standard.
Agus menjelaskan, klinik ini mematok harga produk mulai dari Rp 35 ribu hingga
Rp 199 ribu. Untuk tindakan medis mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1,7
juta. (jek)
sumber:
http://www.koranmetro.com/read/2015/05/25/1/14423/1/Erha.Clinic.Mewujudkan.Kesempurnaan.Kulit.Cantik
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar