Case Analysis of General Electric (GE) Business Model in Industrial Analytics

Gambar
  [Group Assignment] Case Analysis Syndicate : 9 Members :  Chiesa Octavianus Manoppo (29121313) Faldi Irham Pratama (29121158) Kun Rinaldi Pramana (29121035) Reggy Aldynov Alamsyah (29121074) Rifqi Tyaga Wisista (29121292)   Why is GE pursuing industrial analytics? Imlet (CEO at the time) saw that there were scientists telling stories about the development of sensor technology and kept thinking about how much information could be used from these sensors. GE is pursuing industrial analytics because it is aiming for business expansion and industrial analytics provide a promising profitability. Industry 4.0 also creates an opening for GA to enter the analytics software through cloud platforms. At first they made products, right, then there were many products and made a CSA (contract service agreement. Then from a complicated process they made software because for efficiency, the CEO looked at this as the future. The optimization using analytics software will impact in :...

Strategi Persaingan ERHA - Sistem Manajemen Informasi Pemasaran

Strategi Persaingan ERHA - Sistem Manajemen Infromasi Pemasaran - Pada artikel kali ini saya akan menjabarkan penerapan strategi persaingan pada klinik Erha.

STRATEGI PERSAINGAN

E R HA – your personal dermatologist

Dengan adanya era globalisasi saat ini, maka persaingan dalam dunia bisnis benar-benar perlu untuk diperhatikan. Sebab hanya perusahaan-perusaahaan yang mampu bersainglah yang akan tetap bertahan. Subhash  (2007) menyebutkan  “In free  market  economy, each company tries to  out  perform its competitors.  A  competitor  is  rival”.

Sebagai salah perusahaan yang bergerak dibidang jasa, maka ERHA Clinic dituntut untuk mampu terus-menerus mengupayakan agar produk jasanya dapat diterima oleh masyarakatdan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Subash  (2007) menyebutkan  kemampuan  ini  sebagai ”Ability to respond to customer needs and cover customer groups differ from its own”. Selain itu kebutuhan konsumen sendiri akan memunculkan peluang  yang ujungnya menumbuhkan pasar. Subhash  (2007) menyebutkan  bahwa ”Customer need gives to a market opportunity and a market emerges”. Hal ini terjadi pula dalam bisnis klinik  kecantikan  kulit. Semakin majunya teknologi informasi dan taraf hidup masyarakat  mengakibatkan  semakin  meningkatnya  tuntutan  masyarakat  terhadap kualitas pelayanan dan produk yang digunakan.

Untuk  kepuasan  pelanggan  terhadap  layanan,  ada  dua  hal  pokok  yang saling  berkaitan  erat  yaitu harapan pelanggan  terhadap  kualitas  layanan  (expected quality) dan presepsi konsumen   terhadap kualitas layanan (perceived quality). Kepuasan  pelanggan  harus disertai  dengan  loyalitas  pelanggan.  Kepuasan  pelanggan  menyangkut  apa  yang diungkapkan oleh pelanggan tentang presepsi dan harapannya kepada layanan klinik kecantikan yang diperoleh, sedangkan loyalitas berkaitan dengan apa yang dilakukan pelanggan  setelah  berinteraksi  dalam  suatu  proses  layanan  dari perusahaan tersebut. Konsep ini menyiratkan bahwa kepuasan pelanggan saja tidaklah cukup, karena puas atau tidak puas hanyalah salah satu bentuk emosi. Disamping itu loyalitas pelanggan tidak  kalah  relevannya  untuk  dianalisis  karena  sikap  loyalitas  dari  pelanggan  akanimbul setelah pelanggan merasakan puas atau tidak puas terhadap layanan dari klinik kecantikan yang diterimanya (Tjiptono, 2005).

Erha Clinic merupakan klinik kesehatan dan kecantikan yang melihat adanya peluang bisnis untuk   melayani   para   wanita   yang   sangat memperhatikan  kecantikan  dan  kesehatan  kulit.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari  banyaknya wanita yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya yang semakin meningkat pula. Tentunya wanita bekerja juga dituntut untuk dapat menjaga penampilannya terutama  dari  segi  kebersihan  wajah.  Dari  hasil  penemuan  yang didapat dapat dilihat bahwa jumlah wanita yang bekerja dari tahun ke tahun semakin meningkat  sehingga  kebutuhan  para  wanita  bekerja  untuk  menjaga  kesehatan  kulit juga  semakin tinggi. Dengan  semakin  adanya  perkembangan  didunia  pekerja  maka sudah dapat kita lihat bahwa banyak kaum pria juga tidak kalah dengan wanita dalam menjaga kesehatan kulit wajahnya, oleh sebab itu Erha Clinic mulai melayani sektor ini dengan memberikan kualitas pelayanan dan kualitas produk yang baik yang dapat menjawab  kebutuhan  wanita  dan  pria  pekerja  dalam  hal kesehatan dan  kecantikan kulit.

Erha    Clinic    Group    adalah    jaringan    spesialis    kulit    yang    selalu mengedepankan  standard  perawatan dermatologyterbaik yang ditunjang dengan perangkat medis teknologi terkini, tim  dokter spesialis kulit yang berpengalaman serta produk obat yang aman dan berkualitas. Erha Clinic   mencoba melayani kebutuhan masyarakat di bidang dermatology secara profesional serta didukung produk –produk berupa cream wajah yang diformulasikan secara khusus oleh tim dermatologist.


Tahapan strategy development process

a.         Analisis  industri:  kekuatan  pemasok yang lemah terhadap Erha Clinic,  kekuatan pelanggan yang kuat dengan banyaknya pilihan produk akan kecantikan dan kesehatan kulit,  banyaknya  pesaing yang bergerak di bidang yang sama dengan Erha Clinic, ancaman pendatang  baru yang tinggi dengan banyaknya dokter yang membuka  cabang  kesehatan kulit dan faktor  lingkungan yang mendukung, Erha Clinic belum memiliki kerja sama dengan partner bisnis,  keadaan  iklim dan keadaan ekonomi masyarakat Indonesia mendukung kegiatan bisnis dan strategi Erha  Clinic, perkembangan teknologi yang menyebabkan Erha Clinic harus menyesuaikan agar dapat bersaing dengan pesaingnya,  dan  banyaknya pilihan akan  produk  pengganti  dengan  bahan  baku alami  dan tanpa konsultasi dokter dapat membuat pelanggan beralih dari produk Erha Clinic.

b.         Strategi umum dan strategi pasar: Erha Clinic menerapkan strategi differentation karena pelayanan yang  diberikan  Erha  Clinic  berbeda  dengan  pesaingnya  dengan  tenaga  ahli  yang  memiliki sertifikasi SPKK dan pelayanan secara personalized. Untuk strategi pasar, Erha Clinic menerapkan customer  intimacy karena  bagi  Erha  Clinic  kesehatan  dan  kepuasan  akan  pelanggan  merupakan filosofi dari Erha Clinic.

c.         Pelanggan dan segmentasi pasar: pelanggan Erha Clinic merupakan pelanggan akhir dimana Erha Clinic  langsung  menjual  produknya ke setiap individu dari  pelanggannya.  Segmentasi  pelanggan yang  didapatkan  bahwa  sebagian  besar  pelanggan  Erha Clinic terdiri dari kaum  wanita dan laki-laki dengan kelas sosial B hingga A+ dengan rentang usia anak-anak, remaja, hingga dewasa.

 

Tahapan Value Creation Process

a.         Karakterisitik produk dan tindakan: produk dari Erha Clinic tersedia dengan berbagai jenis pilihan yang  disesuaikan  dengan  kebutuhan dari  pelanggan  dan  Erha  Clinic  menyediakan  produk  untuk berbagai  kalangan  usia  dengan  pengawasan  dari  Erha Laboratoy  untuk  menjaga  standar  dari kualitas  produk  tersebut.  Sedangkan  tindakan  dilakukan  secara personalized dengan  tenaga  ahli yang bergelar SPKK sehingga hasil pemeriksaan sesuai dengan apa yang diderita pelanggan.

b.         Service value dan value proportition: Erha Clinic telah memaksimalkan   pelayanan tambahan bagi pelanggan dengan tersedianya brosur dan layanan telefon sebagai pusat informasi dan media untuk pemesanan  produk  atau  konsultasi,  setiap  tenaga  kerja  yang  terdidik  dengan  baik  sehingga  dapat bekerja secara profesional, Erha Clinic terbuka akan keluhan dari pelanggan dan akan memberikan solusi  yang  memuaskan,  fasilitas  di  setiap  klinik  yang  mengutamakan  kepuasan    pelanggan,  dan keamanan akan data  kesehatan  pelanggan.  Dari  hal  tersebut  dapat  dirumuskan value  proportition sebagai berikut


Tahapan Multi Channel Integration Process


 

Multi-channel integration merupakan channel yang dimiliki  oleh Erha  Clinic  dalam berhubungan dengan pelanggannya dan berikut adalah channel dari Erha Clinic

a.         Outlet yang tersebar di mall-mall besar di Indonesia dengan menjual produk Erha Apothecary dan 49 klinik yang tersebar di wilayah Indonesia yang dilengkapi dengan bagian keamanan dan bagian registrasi   untuk  memberikan   informasi   mengenai   Erha   Clinic,   tenaga   kesehatan   yang   siap membantu pelanggan, dan branch customer manager untuk menanggapi keluhan pelanggan.

b.    Erha  Clinic  memiliki  layanan hotline telefon  yang  dapat  membantu pelanggan  Erha  Clinic  untuk mendapatkan  informasi  mengenai  proses  yang  akan  dilakukan  atau  produk, booking  konsultasi, dan memesan obat atau produk tanpa harus datang ke klinik.

c.         Erha  Clinic  menerapkan  pemasaran  secara direct  marketing dengan memasang billboard  pada jalan-jalan  protokol  di  daerah  Jakarta,  brosur akan produk  Erha  Clinic  yang  dapat  diperoleh  di outlet atau  klinik,  dan    iklan  pada  tabloid  atau  majalah  wanita  untuk  mendorong  kaum  wanita dalam mempertahankan kesehatan kulitnya di Erha Clinic.

 

Tahapan Information Management Process

Erha  Clinic  saat  ini  memiliki  aplikasi  untuk front-office yaitu QPro untuk melakukan  pencatatan registrasi,  transaksi  pembelian  obat  maupun  pemesanan layanan, pembuatan jadwal  untuk  konsultasi atau  tindakan,  pencatatan  inventaris,  sedangkan  untuk back-office,  aplikasi  yang  digunakan  adalah

a.         Microsoft Word  yang digunakan untuk membuat surat kontrak,

b.         Microsoft Excel  yang digunakan oleh bagian pemasaran untuk membaca analisis penjualan,

c.         Axapta digunakan oleh head office pada bagian keuangan untuk membuat ringkasan keuangan, dan

d.         Aplikasi Qpro  memiliki beberapa kegunaan pada  proses  di  Erha  Clinic yaitu  pada head  office  bagian  keuangan  digunakan  untuk  mengexport laporan  keuangan  dan inventory,  sebagai  pengendali  jika  terdapat  masalah  pada  cabang  Erha  Clinic, dan  untuk  distribusi  gudang.  Erha  Clinic  belum  memiliki analysis  tool  untuk  membantu  dalam menganalisis  bisnis,  peluang,  ancaman,  dan  pelanggannya. 

e.         Untuk  penyimpanan  data,  Erha  Clinic menggunakan  Microsoft  SQL Server  2000  sebagai database  dalam  menyimpan  data  mengenai penjualan, pelanggan, dan distribusi barang.

ANALISIS SWOT ERHA CLINIC



Strength

Weakness

 

 

 

 

 

 

 

 

IFAS

 

 

 

 

 

 

EFAS

1.       Erha Clinic Memiliki 54 cabang yang tersebar di Indonesia

2.     Erha meraih penghargaan Top Brand 2011

3.     Memiliki Erha Institute sebagai pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM)

4.     Memiliki Erha laboratory  sebagai riset dan pengembangan di bidang dermatologis

5.     Erhalogy menjual produk perawatan bebas yang diformulasikan oleh ahli dermatologis

6.     Sistem pasokan produk yang selalu tersedia

7.     Melingkupi kesehatan kulit secara keseluruhan

8.     Standar yang sama pada setiap klinik di Indonesia 

1.       Erha Apothecary tidak mempunyai website

2.      Antrian pada klinik yang panjang dan memakan  waktu yang lama

3.     Biaya pemasaran melalui billboard memakan biaya yang

4.     Layanan telefon Erha Clinic sulit dihubungi

5.     Belum adanya penginte grasian data antar cabang 

 

Opportunity (O)

Strategy SO

Strategi WO

1.         Populasi Indonesia yang besar

2.        Kekuatan negosiasi Erha Clinic terhadap supplier tinggi

3.       Permintaan pelanggan akan adanya website Erha Clinic sebesar 22%

4.       Tingkat polusi yang tinggi di kota-kota besar Indonesia

5.       Internet dapat menjadi alat marketing yang kuat

6.       Adanya perubahan gaya hidup masyarakat sehu bungan dengan tumbuh nya tingkat perekonomian Indonesia sebesar 6.3%

7.        Memiliki citra perusa haan yang kuat

8.       Jumlah pelanggan loyal   Erha Clinic sebanyak 45%  dari 1.500.000 pelanggan aktif

1.       Memanfaatkan internet untuk mengembangkan website sebagai media pemasaran dan media informasi

2.     Menjadi produk dermatologis paling terpercaya di Indonesia

3.     Memperluas media layanan informasi, komunikasi, dan penjualan

4.     Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan

1.        Memanfaatkan internet untuk mengembangkan website sebagai media pemasaran dan pelayanan 

2.      Pemanfaatan media sosial dalam aktifitas promosi

3.      Mengintegrasikan data antar cabang sehingga data pelanggan akan terproses dengan baik

Threath

Strategy ST

Strategi SW

1.         Lulusan SPKK yang kurang mencukupi

2.        Banyak pesaing dalam bidang dermatologi dengan harga kompetitif

3.       Beragam produk substitusi, seperti produk   tradisonal, Ponds, The Body Shop

4.       Banyak pesaing yang menyediakan website sebagai media informasi perusahaan. Tersebarnya informasi buruk mengenai Erha Clinic di media internet

5.       Belum ada media infor masi selain datang ke klinik dan layanan telefon

6.      Pelanggan pada kategori aktif dapat berpindah ke pesaing

1.         Memanfaatkan internet untuk memberikan lokasi Erha Clinic dan produknya

2.        Menciptakan produk dan prgoram perawatan terbaru yang inovatif 

3.       Meningkatkan kualifikasi pada SDM Erha Clinic 

1.       Mengembangkan website untuk mengurangi biaya pemasaran yang tinggi dan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi 

2.     Memanfaatkan knowledge dari pelanggan untuk memaksimalkan proses pelayanan

 

STRATEGI PERSAINGAN ERHA DIBANDINGKAN DENGAN KLINIK KECANTIKAN LAIN

Dalam hal ini kita akan menyajikan perbedaan dari 2 klinik kecantikan yang sering dibanding-bandingkan oleh customer, yaitu ERHA dan NATASHA yang akan dilampirkan dalam tabel berikut:

ERHA CLINIC

NATASHA

1.       Tagline: your personal dermatologist

2.      Visi: Menjadi leader di bidang dermatologi klinis global  dalam  4  dimensi market leadership, brand leadership, standard service leadership, people quality leadership.

3.     Memberikan solusi bagi pasien Erha   Clinic Network dalam 3 bentuk: 

                   a.       Extra Sembuh 

                        b.       Extra Mudah Cepat Ramah

                         c.       Extra Bangga 

4.      Erha  Clinic  Group  adalah jaringan  klinik  spesialis  kulit  yang  selalu mengedepankan  standar  perawatan  dermatologi  terbaik  yang  ditunjang dengan  perangkat  medis  teknologi  terkini, team  dokter  spesialis  kulit yang  berpengalaman,  produk  obat  yang  aman  dan  berkualitas  serta fasilitas klinik yang nyaman. 

5.       Terapi   yang   diberikan   terbukti  aman   karena   Erha   Clinic menggunakan   produk   dermatologi   dengan   formulasi   terbaik   yang dikembangkan  oleh  pusat  riset  dan  pengembangan  produk  Erha  Labs. Terapi  tersebut didukung  oleh  tim  dokter  spesialis  kulit  yang  tergabung dalam Erha Institute, yang merupakan pusat pelatihan dan pengembangan lanjutan keilmuan medis dermatologi. 

6.       Terapi-terapi  yang  disediakan  oleh  Erha  Clinic  adalah  rangkaian    proses terpadu   dengan   konsep Personalized  Therapy,   yaitu  pendekatan   dan pendampingan  dari  dokter  spesialis  kulit  secara personalized  kepada pasien dengan keunikan dan kebutuhan kulit masing-masing  yang terdiri dari  produk  dan  service  serta  ditunjang  oleh  penggunaan  alat medis modern  (advance  medical equip-ment)  dengan  kelas medical  grade sehingga  akan  memberikan  hasil  yang  optimal.

7.     Terapi  yang  ditawarkan oleh erha clinic diantaranya:

a.       Personal Dermatologist, setiap dermato logist  akan  mendesain personlized therapy yang   terpadu   bagi   setiap   individu  sesuai   masalah   dan kebutuhan kulit pelanggannya.

b.       Intergrated Therapy, Rejuvenation  therapy, terdiri  dari  produk  yang  inovatif, aman  dan efektif   serta  didukung   oleh   alat   medis   yang   modern  (advance medical equipment).

c.       Rejuvenation Therapy Products Merupakan    produk    yang   aman,    efektif    dan    inovatif,    yang diformu lasikan  oleh  para dermato logist, sesuai  dengan  jenis  dan kondisi kulit pasien.

d.       Rejuvenation Therapy Treatments, Erha clinic mengkategorikan jasa medisnya berdasarkan indikasi dari masing-masing  terapi  untuk  mengatasi  tanda-tanda  penuaan  kulit pada  wajah,  yaitu:  kusam,  kasar,  kering,  kerut,  flek  dan  kelainan vaskular pada wajah

8.       Sarana komunikasi visual  outdoor yang  digunakan  oleh  Erha  Clinic antara  lain sign  age, brosur,  flyer,  billboard,  standing  banner.  Sarana komunikasi internal member card, poster, x-banner, tas produk dan lain-

1.     Tagline: Your skin care

2.    Visi: Menjadi  perusahaan  yang  terdepan  di  Indonesia  di  bidang perawatan kecantikan wajah

3.   Misi:  Menyelenggarakan  kegiatan  layanan  perawatan  kecantikan wajah  secara  professional  dengan  memperhatikan prinsip-prinsip kese hatan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

4.    Jasa yg ditawaekan

a.       Skin Facial

Perawatan   wajah dengan   cara  pengangkatan   sel   kulit   mati   dan komedo/jerawat  yang menyumbat  pori-pori  dengan peralatan  yang

modern.

b.       Chemical Peeling

Perawatan    ini    merupakan    tehnik    peremajaan    kulit    dengan

menggunakan  zat-zat khusus untuk meningkatkan dan memperhalus

tekstur kulit 

c.       Jeet Peel

Menggunakan  tekanan  air  dengan  kecepatan  tinggi,  perawatan  ini menggunakan oksigen murni untuk masuk ke dalam sel kulit. 

d.       Microdermabrasi

Perawatan  ini  merupakan  salah  satu perawatan  kulit  paling  efektif peremajaan  kulit  dengan  cara  yang  aman.  Menggunakan  sirkulasi micro  cristal  yang  masuk  ke  dalam  kulit,  mengikis  lembut  lapisan dalam  dan  mengangkat  lapisan  terluar  kulit  yang telah  dipenuhi  sel kulit mati. 

e.     Mesotherapy

Perawatan  dengan menggunakan  obat-obatan  tertentu  serta  vitamin langsung  ke  mesoderm,  lapisan  tissuex di  bawah  permukaan  kulit, dengan menggunakan mesogun

 

 

 

 

 

KEBERHASILAN ERHA CLINIC

Memiliki tinggi badan hampir 170 centimeter dan hidung mancung tak membuat Risya puas. Ia merasa dirinya belum cantik. “Kulit saya kurang mulus dan tidak bersinar,” ujarnya singkat.
Karenanya, untuk mewujudkan ‘kecantikan sempurna’ gadis yang bekerja di perusahaan tambang minyak nasional ini memiliki jadwal khusus mengunjungi klinik kecantikan untuk merawat kulitnya. Sedikitnya dua kali dalam sebulan Risya melakukan perawatan.
Setiap perempuan mendambakan kecantikan. Karena itu pula klink kecantikan kulit tumbuh bak jamur di musim hujan. Namun sayangnya, tak banyak klinik memberikan jaminan pelayanan.
Seperti diberitakan di media massa, seringkali perempuan mengalami kegagalan perawatan kulit meski dilakukan di klinik kecantikan. Padahal mereka mengeluarkan uang dalam jumlah besar.
Untuk menjamin keberhasilan perawatan kulit Erha Clinic menjadi pilihan utama. Klinik ini hadir di berbagai kota-kota besar di Indonesia.
Klinik yang berlokasi di Jalan Raya Harapan Indah Ruko Sentra Niaga 2 No. 1A-1B ini memberikan pelayanan dermatologi atau perawatan kesehatan kulit.
Agus Sugiarto, Supervisor Erha clinic Harapan Indah mengatakan klinik tersebut merupakan cabang pendukung. Meski demikian pelayanannya terbilang lengkap. Mulai dari konsultasi dermatologist dan hair therapy, deep pore cleansing treatment (facial), acne peeling, chemical peeling, crystal peeling (mikrodermabrasi), laser CO2, hair analysis dan hair growth laser.
“Apabila diperlukan tindakan medis lebih lanjut akan kami rujuk ke Erha Clinic Pusat atau Erha Clinic cabang utama terdekat,” jelas Agus, Senin (25/5/2015). Seluruh pelayanan Erhaclinic Harapan Indah ditangani dokter spesialis kulit dan kelamin.
“Erha Clinic mengedepankan standar perawatan dermatologi terbaik melalui tim spesialis kulit yang berpengalaman,” tambahnya.
Erha Clinic Harapan Indah memiliki tiga orang dermatologist dan dibantu satu orang practitioner.
Erha Clinic mengusung konsep personalized therapy. Artinya, tim dokter melakukan pendekatan dan pendampingan kepada pasien sesuai kebutuhan kulitnya.
Selain itu, Erha Clinic memberikan suasana nyaman yang dilengkapi perangkat medis dengan teknologi dengan sertifikasi medical grade standard. Agus menjelaskan, klinik ini mematok harga produk mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 199 ribu. Untuk tindakan medis mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1,7 juta. (jek)

sumber: http://www.koranmetro.com/read/2015/05/25/1/14423/1/Erha.Clinic.Mewujudkan.Kesempurnaan.Kulit.Cantik 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penelitian Kualitatif : In-Depth Interviewing dan Projective Techniques

Resume Exploratory Research: Qualitative Research